Cara Menyusun Program Semester PAUD

10:31 pm Unknown 0 Comments

Program Semester PAUD atau PROMES PAUD atau Perencanaan Semeter PAUD merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan-jaringan tema yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya ke dalam semester 1 dan semester 2. Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan hari efektif  kalender pendidikan yang bersifat fleksibel.

1.      Membuat daftar tema satu semester

Tema berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Penentuan tema dapat dikembangkan oleh satuan PAUD atau mengacu pada contoh tema yang ada dalam Panduan.

Contoh Tema yang boleh di pakai dalam penyusunan Program Semester berbasiskan kurikulum 2013 :
·        Diri Sendiri
·        Keluarga Ku
·        Binatang Peliharaan
·        Tanaman
·        Lingkungan
·        Negaraku
·        Budaya
·        dll

Klik link ini untuk melihat ketentuan-ketentuan penyusunan tema yang baik yang disusun oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

2.      Memilih, menata dan mengurutkan tema yang sudah dipilih

Setelah kita menentukan tema-tema yang sudah kita pilih tadi  lalu kelompokkan mana yang akan ada di semester 1 maupun 2, Susunlah tema tersebut misalnya Tema Diri Sendiri kita letakan di minggu pertama semester satu ketika awal pelajaran. Tak ada susunan baku dalam menentukan susunan tema ini bergantung dengan daerah, sekolah dan karakteristik kebutuhan dari anak didik. Namun biasanya dalam satuan pendidik telah disediakan urut-urutannya tapi sekali lagi itu bukan harga mati untuk kita ikuti berkreasi menurut kebutuhan kita.


3.      Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema

Sering kali guru-guru kurang mengerti akan penentuan alokasi waktu ini termasuk kami sendiri bingung awalnya tentang penentuan alokasi waktu. Setelah dikaji secara mendalam penentuan alokasi waktu di Program Semester ini Erat kaitannya dengan kalender pendidikan, sebelum kita menentukan alokasi tema kita harus melihat hari efektif terlebih dahulu selama satu semester. Klik link ini bila belum mempunyai kalender pendidikan. Contoh kalender pendidikan dengan hari dan minggu efektif :


Berdasarkan kalender tersebut ternyata jumlah hari efektifnya adalah 122 Hari dan Minggu efektifnya 21 Minggu, perlu dicatat bahwa PAUD kategori KB proses belajarnya hanya 5 hari berbeda dengan TK, namun untuk contoh pembuatan prosem kali ini kita gunakan standar TK dan SD karena pada dasarnya sama saja.

Kebanyakan Kalender pendidikan yang di susun sudah menyediakan jumlah hari efektif dan minggu efektif tapi kadang ada juga kalender yang tidak menyediakan tersebut untuk menghitungnya maka kita harus analisa dulu jumlah minggu dalam satu semester dan pekan yang tidak efektif misalnya libur bagi rapor, kalau liburnya hari besar antara 1 dan 2 hari minggu tersebut tetap dihitung sebagai minggu efektif. Contoh perhitungan minggu efektif :

Pekan  Semester 1
No
Nama Bulan
Banyak Pekan
Pekan Tidak Efektif
Pekan Efektif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Juli 2014
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
Januari 2015
3
4
4
5
4
4
1
2
0
0
0
0
1
1
1
4
4
5
4
3
0

Jumlah
25 Pekan
4 Pekan
21 Pekan

Banyak Pekan Tidak Efektif
No
Kegiatan
Banyak Pekan
1.
Masa pengenalan sekolah & awal puasa
1
2.
3.
4.
5.
Libur Puasa dan Pasca Idul Fitri
Ulangan Semester 1
Cadangan dan persiapan pembagian Buku Raport
Liburan Semester 1
2
1
1
2

Jumlah
7 Pekan

Banyak Pekan Tidak Efektif
No
Kegiatan
Banyak Pekan
1.
2.
3.
4.
5.
Masa pengenalan sekolah & awal puasa
Libur Puasa dan Pasca Idul Fitri
Ulangan Semester 1
Cadangan dan persiapan pembagian Buku Raport
Liburan Semester 1
1
2
1
1
2

Jumlah
7 Pekan

Banyak Pekan Efektif Dalam Semester 1
Banyaknya Pekan
Banyaknya Pekan Tidak Efektif
Banyaknya Pekan Efektif
25 Pekan
7 Pekan
18 Pekan
Perhitungan pekan efektif dengan menghitung jumlah pekan dalam 1 semester dikurangi pekan tidak efektif, jadi 25 pekan – 7 pekan = 18 Pekan

No
Tema
Alokasi Waktu
1
Diri Sendiri
3 minggu
2
Keluarga Ku
4 minggu
3
Binatang Peliharaan
4 minggu
4
Tanaman
3 minggu
5
Budaya
3 minggu

Jumlah
17 Minggu

4.     Menetapkan lingkup perkembangan

Struktur program kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain mencakup pembentukan perilaku dan bidang pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan bermain dan pembiasaan. Lingkup perkembangan meliputi :

ü      Nilai – nilai Agama  dan Moral
ü      Fisik
ü      Kognitif
ü      Bahasa
ü      Sosial emosional

5.    Tingkat pencapaian perekembangan

Pengisian tingkat pencapaian perkembangan di ambil berdasarkan Program Tahunan yang telah dibuat, download prota disini. Dibawah adalah contoh prota yang akan kita ambil dan dimasukan kedalam prosem.


Pengisiannya tingkat pencapaian perkembangan boleh dilakukan lebih dari sekali, misalnya pada point 1.2 ingin 2x dimasukan kedalam prosem.



Pengisian indikator sama saja seperti diatas diambil dari prota, kita bisa memilih salah satu indikator sesuai dengan tingkat perkembangan yang kita pilih misalnya ; “I.1 Mulai memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk , benar-salah, sopan –tidak sopan” maka indikator bisa memilih salah satu dari prota dengan tingkat perkembangan diatas, bisa : I.I.4 Anak mampu mengucapakn dan membalas salam atau pun I.1.5 Anak dapat mengucapkan terima kasih, tergantung kita yang inginkan.



* Tulisan diatas merupakan hasil dari pengkajian dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2014