Program Tahunan PAUD

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.


Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar


Program tahunan dibuat berdasarkan kalender pendidikan dan memperhatikan kompetensi dasar merupakan hal yang dibutuhkan sebuah PAUD tanpa itu pembuatan Program Semester, RKM dan RKH tidak akan bisa tercapai. Untuk itulah Bunda Evi mau kasih lihat contoh Program Tahunan atau yang lazim disebut PROTA ini. PROTA ini bukan merupakan harga mati yang harus diikuti dan ditiru sama persis tetapi bergantung dengan daerah dan keadaan sekolah masing-masing.

Biar lebih jelas dan Anda bisa pelajari dengan seksama Bunda Evi akan berikan link downloadnya, semoga membantu dan saling berbagi ilmu jangan sungkan untuk bertanya selagi Bunda Evi bisa jawab karena Bunda Evi sama seperti yang lain masih berlajar. Terima kasih 

link download contoh PROTA

Baca juga :
Apa itu prota dan cara penyusunannya.
Langkah-langkah menyusun Program Semester
RKH dan cara menyusunnya 



Proposal PAUD Cerdas

Pengertian proposal - Proposal berasal dari bahasa inggris to propose yang artinya mengajukan dan secara sederhana proposal dapat diartikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik itu berupa ide, gagasan, pemikiran maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca.

Banyak manfaat yang kami peroleh ketika mengajukan sebuah proposal untuk itu kam ingin membagikan sedikit pengalaman kami kepada Sahabat Cerdas yang lain, walau sederhana dan tidak memenuhi standar kelayakan namun berbagi adalah hal yang baik bagi kita. Semoga bermanfaat

1. Proposal Izin Pendirian PAUD
2. Proposal Pengajuan Dana Bantuan (Ke Umum)
3. Proposal Pengajuan Dana Bantuan (Ke Diknas)
3. Proposal Pengajuan Kunjungan PAUD
4. Proposal Pengajuan Dana BOP
5. Proposal Pengajuan Sponsor

InsyaAllah masih ada lagi proposal yang bermanfaat, tapi sedikit demi sedikit itu lebih utama daripada banyak tanpa kesinambungan terima kasih atas kunjungannya. 

Izin Operasional PAUD


PAUD Cerdas didirikan pada tanggal 04-03-2013 pada hari senin yang diresmikan oleh SEKCAM (Sekretaris Camat) Ilir Timur II Palembang, setelah lahirnya PAUD Cerdas kami diharuskan untuk mengajukan izin operasional sebagai sebuah pengakuan dari pemerintah tentang keberadaan PAUD Cerdas. Izin Operasional PAUD merupakan sesuatu yang sangat penting bagi PAUD itu sendiri kalau suatu PAUD tidak memiliki Izin maka PAUD tersebut dikatakan tidak resmi dan tidak adanya payung hukum yang akan membantu baik secara finansial maupun tenaga.

Karena kami masih baru saat itu tentulah kami tidak tahu cara membuat pengajuan tersebut, tapi dengan tekad yang keras akhirnya kami mampu membuatnya dan tidak lama berselang izin pun keluar kami pun sangat bersyukur.

Kami sadar ketika menyusun pengajuan tersebut sangatlah menguras tenaga dan pikiran hal ini dikarenakan ketidaktahuan kami, untuk itulah kami ingin berbagi kepada Sahabat Cerdas lainnya apabila ingin mengajukan izin operasional atau mau mengajukan perpanjangan izin kami menyediakan berkasnya cobalah dulu dan disesuaikan dengan permintaan dari dinas pendidikan tempat pengajuannya. Semoga membantu.

Pengajuan Izin Operasional PAUD pertama kali

Setelah PAUD didirikan maka pengajuan izin operasional pertama kali dilakukan, pengajuan operasional pada periode ini tergolong sulit karena pemberian izin sangat diseleksi. Setelah pengjuan proposal kita ke dinas pendidikan akan ditindaklanjuti dengan mengirim utusannya ke PAUD kita, hal-hal yang mereka lihat adalah kelengkapan administrasi kita seperti plang lembaga, jumlah murid kita adakah kesesuaian dengan yang di ajukan, tata tertib anak didik dan guru, visi dan misi PAUD, struktur organisasi PAUD, denah PAUD, dan lain-lain. Untuk kelengkapan PAUD yang lebih banyak silahkan lihat postingan kami tentang kelengkapan PAUD. Silahkan download proposal pengajuan izin operasional dibawah ini dengan format Microsoft Word, tak ada gading yang tak retak begitu juga apa-apa yang kami berikan ini mungkin belum lengkap atau tidak sesuai dengan yang diminta pemerintah setempat, namun inilah garis besar format pengajuan.

Klik link ini untuk download

Perpanjangan Izin Operasional PAUD
Izin operasional yang telah diberikan oleh Pemerintah harus diperpanjang minimal sebulan sebelum masa izin habis, biasanyatuk pengajuan pertama kali diberikan waktu masa percobaan 6 bulan untuk melihat kelangsung PAUD tersebut tapi kadang langsung diberikan 2 tahun masa izinnya. Apabila tiba saatnya kita diharuskan memperpanjang izin kita dan tentu saja kami sarankan sebulan sebelum masa izin habis. Pada dasarnya isi proposal sama namun adanya sedikit perbuahan sebagaimana pembedaanya. Bila berkenan untuk memiliki proposal ini silahkan download link dibawah ini semoga bermanfaat.

Klik link ini untuk download

Susunan Pengurus Himpaudi

Susunan Pengurus HIMPAUDI Kecamatan Ilir Timur II
Masa Bakti 2014-2016


Ketua                          : Dra. Hj. Gaya Tridinanti, M.Ed
Wakil Ketua                : Evieta Maharani, A.Md
Sekretaris                    : Azizah, S.Pd
Wakil Sekretaris          : Latifah
Bendahara                   : Zahara Cahyani
Wakil Bendahra          : Hayani


Seksi-seksi Bidang

1.      Bidang Organisasi
      Ketua              : Nini Waliyah, S.Pd.I
      Anggota          : Ir. Rohella

2.      Bidang pendidikan
      Ketua              : Dra. Hj. Rusydah Gasim M.H.I
      Anggota          : Sutiawaty


3.      Bidang Humas & Kerjasama
      Ketua              : Epa Syari Nur Azimah
      Anggota          : Siti Aisyah

4.      Bidang Kessos & Ekonomi
      Ketua              : Sunarsih
      Anggota          : Hj. Kartini Hadam, SH 

Program Belajar PAUD CERDAS

Sebelum kita mengetahui Program Semester alangkah baiknya kalau kita mengerti dulu apa itu kognitif, afektif dan psikomotorik

Kognitif : kegiatan mental (otak) mencangkup aktivitas otak.
1.       Pengetahuan / hafalan/ ingatan (kronologis)
2.       Pemahaman
3.       Penerapan
4.       Analisis
5.       Sintesis
6.       Penilaian/penghargaan/evaluasi

Afektif : sikap dan nilai. Kemampuan mengingat memecahkan masalah, menghubungkan dan menggabungkan. Seperti perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai
1.       Menerima/memperhatikan
2.       Menanggapi atau adannya partisipasi aktif
3.       Menilai atau menghargai
4.       Mengatur atau mengorganisasi
5.       Karaterisasi dengan suatu nilai

Psikomotorik : berkaitan dengan keterampilan (skill). Kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.

Psikomotorik dapat diukur melalui :
1.       Pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran
2.       Sesudah mengikuti pembelajaran
3.       Beberapa waktu sesudah pembelajaran kerja


Program Semester 1
1.       Tema :
1.       Diri sendiri
2.       Lingkungan (keluargaku, rumahku dan sekolahku)
3.       Kebutuhan (makanan dan minuman, pakaian, kesehatan, kebersihan dan keamanan)
4.       Binatang (serangga, bintangan peliharaan, hewan ternak, hewan dikebun binatang)
5.       Tanaman
Program Semester 2
2.       Tema
1.       Rekreasi
2.       Pekerjaan
3.       Air, udara dan api
4.       Alat komunikasi
5.       Tanah airku
6.       Alam semesta


Permainan

Permainan merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki dalam metode suatu kelas Pendidikan Anak Usia Dini karena untuk mencegah kebosanan menghinggapi anak didik, seorang guru harus pintar dalam membaca situasi dan perubahan anak didik, kapan harus bermain dan kapan harus belajar, disini PAUD Cerdas memberikan sedikit permainan yang dilakukan ketika kelas dilanda kebosanan akut, semoga bemanfaat.

AKU DAN KAKIKU
  • Minta anak untuk melihat kaki mereka
  • Tanyakan kepada anak-anak adakah perbedaan denga kakinya, misalnya bentuk kaki kiri dan kanan adakah perbedaannya, apa gunanya, siapa yang memakai alas kaki, dan suruh mereka melompat, berlari dan jalan.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Media Pembelajaran

Salah satu media pembelajaran adalah membuat karya seni untuk membuat keaktifan dari anak didik, yang kami sedia memang belum sempurna baik dari penyampain dan kurang nya gambar untuk mendukung dari setiap langkah-langkah yang diberikan, untuk saat ini marilah kita ambil yang ada dulu. Terima kasih


KREATIFITAS ANAK CERDAS

Ekspresi Wajah
1.      Guntinglah kertas / karton berbentuk wajah (oval)
2.      Guntinglah bagian wajah dari kertas seperti mulut, mata, dan hidung
3.      Anak-anak berkreasi menciptakan ekpresi wajah dari bagian-bagian wajah seperti tersenyum, marah, gembira

Menghitung dan menomori
1.      Potong kertas segi empat sebanyak 10 Potongan kecil
2.      Lalu beri nomor pada kertas yang dipotong dari angka 1-10
3.      Sediakan kertas 1 lembar untuk merekatkan potongan tadi
4.      Lalu buat segi empat pada kertas seluas potongan kertas kecil tadi dan beri tulisan : satu, dua, tiga,..
5.      Mintalah siswa untuk memcocokkan angka (kertas yang dipotong) dengan huruf (pada kertas) sesuai perintah.

Membuat dan meneliti angka pada jam dinding
1.      Buatlah Jam dinding, boleh berbentuk lingkaran atau persegi
2.      Lalu hilangkan sebagian angka pada jam tersebut.
3.      Mintalah anak didik untuk meneliti dan menentukan angka yang hilang pada jam tersebut.

Menentukan Panjang dan pendek
1.      Sediakan pita panjang dan pendek
2.      Lalu bandingkan, mana yang panjang dan mana yang pendek
3.      Bisa menggunakan benda lainnya seperti mistar, pensil bahkan tinggi rendah anak didik.

Kartu menjahit
1.      Siapkan guntingan pola benda-benda seperti bintang, rumah, lingkaran
2.      Gunakan pelubang kertas untuk melubangi sisi gambar yang di gunting
3.      Masukan seutas benang pada lubang sisi gambar
4.      Biarkan anak menjahit di gambar pilihan mereka

Memancing
-          Guntinglah berbagai bentuk ikan pada kertas tebal atau karton
-          Ikat benang di ujung tongkat dan ikat ujung benang satunya dengan magnet
-          Masukan ikan kedalam kolam
-         Biarkan anak memancing ikan pilihannya

Kupu-kupu
1.      Gambar tubuh kupu-kupu dari karton hitam atau kertas origami
2.      Kemudian cetaklah tangan dengan menggambar di sisi tangan menyerupai sayap kupu-kupu
3.      Lalu buat kaki dan sungutnya

Membuat sate
1.      Buatlah kertas segi empat untuk membuat seperti biskuit dari kertas tebal atau karton
2.      Gambar garis lurus pada kertas untuk tusuk satenya
3.      Temple roti segi empat, kapas dikertas yang ada garis lurusnya